Berapa Lama Sih Waktu Aman Menyimpan Ikan Beku?

Cara mengawetkan ikan paling mudah adalah dengan membekukannya. Selain menghambat pertumbuhan bakteri, membekukan ikan bisa menjaga tetap segar.

Menurut Lembaga Pertanian Amerika Serikat (USDA), untuk mengecek apakah ikan tersebut masih aman dikonsumsi, kita bisa mengetahui melalui aromanya. Ikan akan mengeluarkan aroma berbeda ketika kualitasnya tidak lagi baik, misalnya amis yang berlebihan bahkan anyir. Serta daging yang telah lembek dan mengandung banyak air. Hal ini disebabkan oleh perkembangan bakteri pada makanan tersebut.

Ingat, ikan beku yang baru dibeli harus segera dimasukkan ke dalam kulkas. Suhu ideal menyimpan ikan adalah di bawah 4 derajat Celcius. Tapi akan lebih baik lagi bila kamu menyimpannya di dalam freezer.

Tapi untuk lebih amannya, sebaiknya kita menyimpan ikan di freezer antara 2-6 bulan, tergantung kandungan lemaknya. Apabila lemak ikan dalam kategori rendah (1-2%) tentu durasi penyimpanannya lebih lama.

Jika kurang yakin apakah ikan atau olahannya masih baik atau tidak, cara yang paling mudah adalah dengan mencairkannya terlebih dahulu. Jika berbau tidak sedap dan daging olahan rasanya tidak enak, sebaiknya jangan dikonsumsi ya.


Bagikan Artikel Ini :