<!-- GA -->

Manfaat Mengonsumsi Ikan Beku

Manfaat Mengonsumsi Ikan Beku

Kekhawatiran mengonsumsi ikan beku masih muncul di benak konsumen Indonesia. Sehingga muncul mitos ikan segar lebih baik daripada ikan beku. Padahal, ada manfaat mengonsumsi ikan beku lho!

  1. Menjaga Kandungan Asam Lemak dan Protein

Ketua Umum Asosiasi Rantai Pendingin Indonesia (ARPI) Hasanuddin Yasni menyatakan ikan yang dibekukan menjaga kandungan asam lemak dan protein pada ikan. Pembekuan ikan mampu menghambat oksidasi lemak, sehingga gizi masih terjaga dalam tubuh ikan. Pembekuan juga baik untuk ikan yang mengandung lemak tinggi (6-20%) misalnya makarel dan tuna.

  1. Menurunkan Risiko Kontaminasi Bakteri

Jika ikan tidak didinginkan atau dibekukan, potensi berkembangnya bakteri akan bertambah. Kandungan air pada ikan bisa juga meningkat, artinya memiliki kandungan mikroba yang tinggi. Mikroba ini juga bisa tumbuh berlipat jumlahnya apabila dibiarkan di suhu yang panas.

Kita perlu berhati-hati dengan ikan yang telah terkontaminasi bakteri karena dapat mengakibatkan pembusukan makanan. Cara mengetahui apakah ikan tersebut aman atau tidak dapat diketahui di sini*. Sebaiknya tidak dikonsumsi ya, salah satu efeknya adalah keracunan makanan yang bisa membuat tubuh mual, muntah, bahkan diare.


Bagikan Artikel Ini :