<!-- GA -->

3 Ikan yang Dimakan Saat Imlek

3 Ikan yang Dimakan Saat Imlek

Perayaan Tahun Baru Imlek tinggal menghitung hari. Saat merayakannya, para keturunan Tionghoa akan menyajikan berbagai makanan khas Imlek yang punya makna filosofis tersendiri. Dilansir dari China Highlights, salah satu makanan yang tak boleh dilupakan saat Imlek adalah ikan.

Mengapa ikan? Ikan dalam karakter China terdengar seperti ‘yoo’ yang berarti untung atau surplus. Pemilihan ikan yang disajikan saat Imlek juga punya makna keberuntungan yang berbeda-berbeda lho! Ini 3 ikan yang dimakan saat Imlek:

  1. Kerapu

Ikan kerapu memiliki karakter China ‘lee’ yang jika keberuntungan baik. Jenis ikan kerapu yang dipilih adalah kerapu crucian dan kerapu lumpur. Karakter China kerapu crucian adalah ‘jee-yoo’ yang terdengar seperti ‘jee’ berarti mengharapkan keberuntungan. Sementara karakter China kerapu lumpur adalah ‘lee-yoo’ yang terdengar seperti ‘lee’ berarti hadiah. Karena memiliki arti yang bagus pantas saja ikan kerapu menjadi ikan yang dimakan saat imlek.

  1. Lele

Ikan lele menjadi salah satu favorit saat Imlek karena bahasa Mandarin menyebut ikan lele 'nyen-yoo' yang terdengar seperti 'nian-yu' yang berarti bonus akhir tahun. Jadi memakan ikan lele membawa doa berharap keberuntungan dan bonus akhir tahun.

  1. Bandeng

Alwi Shahab dalam buku Saudagar Baghdad dari Betawi dikutip dari kompas.com, kehadiran bandeng yang menjadi salah satu tradisi Imlek di kawasan Jabodetabek merupakan perpaduan budaya China dan Betawi. Arti ikan bandeng bagi masyarakat adalah keberuntungan sepanjang tahun. Wah unik ya!

Untuk memeriahkan Imlek pastikan keluarga menikmati sajian masakan dengan bahagia. Frosh Ikan Bandeng bisa jadi pilihanmu menyantap sajian ikan saat imlek. Apalagi bandeng sudah bebas duri dan kotoran.

Semakin banyak ikan yang dimakan saat imlek dipercaya memiliki arti lebih baik. Makan satu ekor di satu hari sebelum Imlek dan satu ekor di hari perayaan Imlek dipercaya meningkatkan keberuntungan, dalam bahasa China berarti memiliki rezeki dari tahun ke tahun. Nah, belum punya ide akan menyiapkan sajian ikan apa saat imlek? Kunjungi resep-resep kami ya!


Bagikan Artikel Ini :