<!-- GA -->

Cara Mudah Cegah Alzheimer di Usia Muda

Cara Mudah Cegah Alzheimer di Usia Muda

Sering kesulitan mengingat sesuatu? Kita perlu waspada jika sering mengalaminya khususnya di usia muda. Hal tersebut bisa menjadi gejala awal alzheimer. Apa itu alzheimer? Penyakit alzheimer merupakan kondisi yang ditandai dengan penurunan daya ingat dan perubahan perilaku. Penyakit yang menyerang sel otak ini juga berpengaruh terhadap penurunan kemampuan berpikir dan berbicara di usia lanjut. Penyakit yang lebih banyak menyerang usia lansia ini bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti usia, gaya hidup, genetik, lingkungan, dan riwayat kesehatan. Jangan khawatir, ada cara mudah cegah alzheimer untukmu yang berusia muda dengan cara mengonsumsi ikan. Kok bisa?

  1. Mampu menjaga kesehatan jantung

Mumpung masih muda, menjaga kesehatan jantung sangat penting. Dikutip dari Alodokter, kesehatan jantung orang yang membiasakan diri makan ikan setidaknya dua kali seminggu lebih baik daripada yang tidak melakukannya. Hal ini karena ikan mengandung omega-3 yang membantu menjaga fungsi jantung. Lemak pada ikan yang lebih rendah dibandingkan daging sapi dan ayam baik untuk menjaga fungsi sel-sel otak menjadi lebih efisien.  Dalam 100 gram daging ayam mengandung 25 gram lemak, daging sapi mengandung 22 gram, sementara ikan memiliki kadar lemak yang lebih rendah. Berdasarkan informasi Tabel Komposisi Pangan Indonesia tahun 2009 bahkan ikan kakap hanya memiliki 0.7 gr lemak lho!

  1. Menjaga kolesterol

Menjaga kolesterol mampu menyelamatkan otak. Kolesterol baik berguna sebagai anti-inflamasi untuk mengurangi kerusakan otak. Studi tahun 2009 yang dilakukan oleh University of Pittsburgh menemukan bahwa otak dari orang yang berkategori overweight akan mengalami penyusutan sebesar 4 persen. Sedangkan orang yang obesitas akan mengalami penyusutan otak sebesar 8 persen. Penyusutan otak ini mempengaruhi kecepatan berpikir mengenai hal-hal yang lebih kompleks.

  1. Dapat dikombinasikan dengan Diet Mediterania

Diet ini mengombinasikan makan ikan dengan kacang-kacangan yang bertujuan menambah jumlah protein pada makanan. Asam lemak omega 3 yang dapat membantu meminimalisasi pertumbuhan plak pada pembuluh arteri. Bahkan kandungan protein ikan lebih tinggi dari kacang-kacangan, bahkan hampir setara dengan daging sapi dengan berat yang sama.

Protein ikan juga mengandung berbagai asam amino dalam bentuk yang mendekati asam amino di dalam tubuh manusia. Komposisi asam amino protein ikan juga lebih lengkap dibanding bahan makanan lain, salah satunya taurin, sangat bermanfaat merangsang pertumbuhan sel otak.

Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukan aktivitas seperti mempelajari pengetahuan baru yang merangsang otak misalnya membaca berita online. Supaya mencegah alzheimer lebih dini, biasakan melakukan hobi yang disukai dan konseling ke pihak yang tepat.

Apabila mulai sering kesulitan mengingat hal yang baru saja terjadi, bingung membaca peta, bahkan berkali-kali lupa meletakkan barang, jangan khawatir untuk berkonsultasi ya.


Bagikan Artikel Ini :