<!-- GA -->

Manfaat Memasak untuk Kesehatan Mental

Manfaat Memasak untuk Kesehatan Mental

Seafood Lovers, apakah kamu jadi memiliki hobi memasak saat pandemi? Kamu tidak sendiri!

Studi Nielsen di 11 negara Asia yakni Cina, Hong Kong, Taiwan, Jepang, Korea Selatan, Thailand, Filipina, Vietnam, Malaysia, Singapura, dan Indonesia pada periode 6-17 Maret 2020 menyatakan sebanyak 49% responden lebih sering memasak.

Selain menjadi keterampilan dasar hidup manusia, memasak ternyata memiliki manfaat yang bagus lho untuk psikologis kita. Begitu pula di kala pandemi ini di mana kita lebih banyak di dalam rumah. Mau tahu apa manfaat memasak bagi kesehatan mental? Ini dia 5 manfaat diantaranya:

  1. Meningkatkan kepercayaan diri

Saat memulai memasak, menyentuh bahan – bahan dan bumbu-bumbu pendukung tanpa sadar akan memunculkan rasa bersemangat. Ada kebahagiaan saat menjalani proses hingga makanan tersaji. Setelah memasak, luangkan waktu sejenak untuk memberi dirimu sebuah pujian sebab memasak makanan yang lezat adalah sebuah pencapaian dan pastinya tertantang untuk mencoba memasak menu-menu lain yang lebih kompleks, bukan?

  1. Lebih bahagia

Mungkin beberapa orang menyingkirkan aktivitas memasak dari pekerjaan rumah tangga. Padahal pengalaman memasak khususnya untuk diri sendiri maupun orang terkasih adalah hal yang sangat berharga. Jadi, memasak memiliki penghargaan yang sangat kuat. Nikmati proses memasak dan jangan khawatir apakah rasa masakannya sempurna.

  1. Meningkatkan kreativitas

Memasak merupakan salah satu cara mengekspresikan kreativitas. Kamu dapat membuat inovasi makanan baru dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Pikirkan rasa yang kamu suka dan kreasikan dalam hidangan yang berbeda. Cukup gunakan bahan-bahan yang ada di rumah seadanya.

 

  1. Menyatukan keluarga

Jika memasak bersama lebih menyenangkan mengapa melakukannya sendiri? Ajak suami, istri, anak atau orangtua untuk memasak bersama. Memasak dapat memacu komunikasi dan kerja sama juga. Selain itu, ketika memasak kamu bisa tahu bahan makanan apa yang tidak disukai oleh rekan memasakmu. Ini bisa menjadi kesempatan bagi kamu mengenal lebih dekat mereka mengenai selera bahkan alergi makanan yang mungkin tidak pernah tersampaikan sebelumnya.

Setelah mengetahui manfaat-manfaat memasak, yuk sama-sama kita lebih sering memasak di rumah!


Bagikan Artikel Ini :