<!-- GA -->

Apa Pentingnya Sarapan?

Apakah Seafood Lovers sering melewatkan sarapan?

Tidak ada waktu karena tidak ingin terlambat ke kantor, aktivitas yang sibuk, hingga tidak terbiasa, menjadi beberapa alasan. Para pakar nutrisi yang dikutip dari Elite Daily, Michelle Blum, Lisa Hayim dan Bridge Bennett, menambahkan bahwa makan terlalu banyak sebelum tidur, metabolisme tubuh, dan hormon juga berpengaruh. Berikut penjelasannya:

  1. Makan Terlalu Banyak sebelum Tidur
    Makan banyak sebelum tidur, selain dapat menyebabkan selera makan di pagi hari menjadi hilang, juga dapat menyebabkan gangguan tidur. Sebab tubuh dipaksa bekerja keras untuk bisa mencerna makanan.
  2. Masalah Metabolisme
    Michelle Blum mengungkapkan, ketika bangun di pagi hari metabolisme juga belum ikut terjaga. Sehingga, sarapan menjadi waktu yang penting untuk memulai metabolisme dan akan membuat aktivitas menjadi lebih baik.
  3. Hormon
    Hormon menjadi salah satu hal yang juga berpengaruh pada tubuh. Bridge Bennet menambahkan, ketika bangun tubuh akan mengeluarkan beberapa hormon akan memberi dorongan energi, meningkatkan gula darah, dan penting dilakukan setelah berpuasa semalaman. Lonjakan hormon menjadi salah satu penyebab mual yang muncul pada pagi hari. Asam lambung akan meningkat, sebagai tanda tubuh untuk memperoleh makanan supaya asam bisa bekerja.

Lalu apa pentingnya sarapan? Menurut Torey Armul, juru bicara Academy of Nutrition & Dietetics, sarapan memberikan nutrisi yang cukup agar tubuh lebih segar dan aktivitas harian kita tidak terganggu. Orang yang sering melewatkan sarapan akan memiliki nafsu makan yang lebih tinggi di siang hari sehingga cenderung menghabiskan porsi makanan yang lebih besar. Dengan makan pagi, kita bisa mencegah lapar berat pada siang hari. Diet sehat bahkan lebih efektif jika selalu sarapan setiap hari lho!

Menu apa yang baik untuk sarapan? Menurut Alissa Rumsey, ahli nutrisi dari Amerika Serikat, sarapan harus dilakukan dengan komposisi seimbang. Masukkan protein dan lemak lebih besar agar energi untuk memulai hari jadi lebih stabil.

Walau tidak merasa lapar di pagi hari, ada baiknya tetap meluangkan waktu untuk sarapan. Bagaimana pendapatmu tentang pentingnya sarapan?


Bagikan Artikel Ini :