<!-- GA -->

Benarkah Salmon jadi Ikan dengan Kandungan Gizi Terbaik?

Benarkah Salmon jadi Ikan dengan Kandungan Gizi Terbaik?

Ikan salmon adalah satu di antara jenis ikan bertekstur lembut yang mudah diolah untuk dikonsumsi. Ikan salmon juga memiliki sejumlah kandungan nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan. Di balik banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya, muncul anggapan, salmon adalah ikan dengan kandungan gizi terbaik.

Benarkah demikian?

Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr Putri Sakti Dwi Permanasari MGizi SpGK mengatakan, hal tersebut tidaklah benar. "Itu anggapan yang salah, hanya mitos," kata Putri saat menjadi narasumber di acara live Instagram yang digelar CP Prima Seafood, Selasa (8/6/2021).

Menurut Putri, semua ikan memiliki kandungan nutrisi yang bagus. Ia pun membandingkan kandungan gizi dalam ikan salmon dan ikan kembung. Putri mengatakan, ikan kembung memiliki kandungan lemak omega 3 yang setara dengan ikan salmon. "Jadi, bukan berarti ikan salmon yang terbaik. Semua ikan punya kandungan gizinya masing-masing," kata dia.

Dalam acara yang bertemakan Nutrisi Terbaik dari Laut itu, dokter Putri juga mengungkapkan sejumlah manfaat omega 3 yang ada dalam ikan. Ia menjelaskan, kandungan omega 3 tak hanya bagus untuk perkembangan otak anak-anak, tapi juga untuk orang dewasa. Bagi orang dewasa, omega 3 memiliki manfaat di antaranya untuk menjaga imunitas, mencegah alergi, hingga mencegah penyakit jantung.

Agar mendapatkan sejumlah manfaat dari konsumsi ikan, dokter Putri membeberkan bagaimana cara mengonsumsi ikan yang benar. "Yang jelas harus seimbang, bisa dua hingga tiga kali makan ikan dalam seminggu dan bervariasi dengan sumber protein hewani lainnya," kata dia.

Cara paling mudah untuk mengetahui seberapa banyak konsumsi ikan, lanjut dokter Putri, melalui telapak tangan. "Bagi orang dewasa, bisa melihat telapak tangan masing-masing. Nah, segini ukuran atau seberapa banyak kita mengonsumsi ikan," kata dia.

Lantas, bagaimana cara agar nutrisi ikan tetap terjaga?

Dokter Putri menjelaskan, setelah membeli, ikan segar harus segera diolah setelah dibersihkan. Namun jika ingin disimpan di dalam freezer, maka ikan tetap harus dibersihkan terlebih dahulu. Sebelum disimpan, ikan tidak perlu dicuci karena dikhawatirkan air yang digunakan malah menyebabkan bakteri menyebar. "Ingat, tidak perlu dicuci ya. Hanya dibersihkan saja dari kotoran-kotoran yang biasanya ada di dekat kepala," tegasnya.

Setelah dibersihkan, ikan dapat segera disimpan di freezer atau mesin pendingin hingga tiba saatnya digunakan. "Jika freezer-nya bagus, ikan bisa disimpan selama satu hingga dua bulan," kata dia.

Saat akan dimasak, ikan bisa dikeluarkan dan langsung diolah agar nutrisinya tetap terjaga. Diketahui, acara live Instagram yang digelar CP Prima Seafood digelar bertepatan dengan Hari Laut Sedunia.

Artikel ini telah tayang di
https://www.tribunnews.com/kesehatan/2021/06/12/benarkah-salmon-jadi-ikan-dengan-kandungan-gizi-terbaik-ini-penjelasannya?page=3


Bagikan Artikel Ini :