<!-- GA -->

Ini Manfaat Cumi-Cumi, Seafood Andalan Desa Gongjin di Drakor Hometown Cha Cha Cha

Ini Manfaat Cumi-Cumi, Seafood Andalan Desa Gongjin di Drakor Hometown Cha Cha Cha

Penggemar drama Korea pasti sudah tak asing dengan drakor baru tvN berjudul ‘Hometown Cha Cha Cha’ bukan? Drama bergenre komedi romantis ini diperankan oleh dua pemeran utama yaitu Kim Seon Ho dan Shin Min Ah. Latar tempat pada drama tersebut berlokasi di Gongjin, Korea Selatan. Daerah tersebut merupakan pesisir pantai yang banyak menghasilkan cumi-cumi atau ojingeochae.

Pada episode pertama, Shin Min Ah yang berperan sebagai Yoon Hye Jin seorang dokter gigi ini memutuskan pindah dari Seoul ke Gongjin dan membuka klinik gigi di sana. Dalam drama tersebut, Yoon Hye Jin sempat kehabisan uang dan memilih profesi sebagai pekerja yang memilah cumi-cumi. Setelah dipilah, nantinya akan dijual ke pengepul untuk diolah menjadi ojingeochae atau cumi kering. Hidangan ini sangatlah populer di Korea dan biasanya dijadikan camilan sambil nonton televisi atau saat sedang bersantai. Ojingeochae sendiri ada yang ditawarkan dalam keadaan masih utuh, lengkap dengan badan dan bagian tentakel (kaki). Namun, ada juga yang bentuknya sudah berupa suwiran. Tekstur kenyal dan rasanya yang gurih membuat makanan laut ini menjadi salah satu menu favorit para pencinta seafood. Selain enak, banyak juga kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Nah, apa saja manfaat mengkonsumsi cumi-cumi?

1.Membantu menurunkan kolesterol

Kandungan lemak jenuh di dalam cumi-cumi tergolong rendah. Cumi-cumi mempunyai kandungan lemak tak jenuh yang dikenal sebagai lemak baik, yaitu asam lemak jenuh omega-3 yang bermanfaat untuk membantu menurunkan kolesterol LDL jahat sekaligus meningkatkan HDL baik. Selain itu, lemak tak jenuh berfungsi sebagai sumber energi yang baik bagi tubuh serta menyerap jenis-jenis vitamin yang larut dalam lemak, misalnya vitamin A, D, E dan K.

2.Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Pada cumi-cumi terdapat kandungan gizi mineral seperti kalsium, selenium, dan fosfor. Selenium merupakan senyawa anti-oksidan yang mempunyai manfaat untuk menjaga kekuatan tubuh dan mencegah terjadinya kerusakan sel. Sedangkan manfaat utama fosfor yang ada pada cumi-cumi adalah untuk membentuk serta menjaga kekuatan tulang dan gigi. Lalu, fosfor juga berfungsi untuk menyimpan energi sekaligus memelihara dan memperbaiki jaringan sel.

3.Menjaga keseimbangan tekanan darah

Hal ini karena adanya kandungan kalium yang cukup tinggi. Mengutip dari Harvard Health Publishing, kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah.

4.Mengatur pembentukan sel darah merah

Jenis vitamin yang ada di dalam cumi-cumi di antaranya adalah vitamin B6 dan vitamin B12 yang berfungsi menjaga fungsi otak, saraf, sekaligus berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Sedangkan vitamin B6 mempunyai manfaat untuk membantu tubuh menggunakan serta menyimpan energi, protein, serta karbohidrat. Selain itu membantu pergerakan hemoglobin (zat yang membawa oksigen ke seluruh tubuh).

5.Menjaga keseimbangan cairan

Tubuh juga membutuhkan kandungan seperti natrium atau sodium yang merupakan bagian dari elektrolit. Kandungan ini mempunyai manfaat agar tubuh berfungsi dengan normal karena membantu menjaga volume cairan dan darah. Lalu, manfaat lainnya dari natrium yang ada pada cumi-cumi adalah untuk membantu menjaga fungsi saraf serta memengaruhi kontraksi dan relaksasi otot.

Wah, banyak sekali ya manfaat cumi-cumi ini, Prima Seafood Lovers. Bagaimana supaya gizi cumi-cumi tidak hilang saat dimasak? Sebaiknya mengolah dengan cara mengukus, menumis, atau memanggangnya.

 

Sumber:

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/bahaya-manfaat-cumi-cumi/

https://food.detik.com/info-kuliner/d-5735350/ojingeochae-cumi-kering-khas-korea-yang-eksis-di-hometown-cha-cha-cha

Sumber Gambar:

Twitter Tukata Mickie


Bagikan Artikel Ini :