<!-- GA -->

Tips Memilih Udang Segar

Hidangan makanan dengan memakai bahan utama udang memang selalu menjadi favorit. Rasa udang yang manis dan gurih menggugah selera. Apalagi udang memiliki beragam kandungan nutrisi antara lain sumber protein yang penting untuk pembentukan sel-sel tubuh serta membantu untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit. Namun, untuk mendapatkan udang yang segar dan berkualitas memang perlu kejelian. Berikut tips-tips memilih udang segar yang bisa Anda lakukan:

 

  1. Perhatikan Baunya

Udang segar biasanya tidak berbau anyir atau busuk. Kulitnya bening, masih melekat kuat pada badan udang juga kepalanya. Udang jika sudah mulai terkulai kepalanya dan kulitnya kendor, tandanya udang sudah tidak segar lagi atau mulai membusuk.

 

  1. Pilih Bentuk yang Utuh

 Biasanya kalau membeli di penjual, udang dijual dalam tiga bentuk. Udang utuh, masih lengkap dengan kepala, udang tanpa kepala namun belum dikupas, dan udang tanpa kepala dan sudah dikupas.

 

Cara memilih udang segar pun ada teknik tersendiri, sesuai dengan bentuknya. Untuk bentuk udang yang masih utuh dengan kepala, pilih udang yang kepala masih kuat dan tidak mudah putus, kulit udang masih terasa keras, bagian daging masih terasa kenyal dan tidak lembak bila ditekan. Udang utuh yang segar juga tidak berbau amis dan menyengat.

 

Sedangkan cara memilih udang segar untuk udang tanpa kepala yang belum dikupas, pastikan tubuh udang tidak memerah dan daging masih terasa kenyal. Kalau menemukan udang agak keras, ada kemungkinan udang berasal dari udang beku yang dicairkan secara cepat. Ingat jangan memilih udang yang dagingnya sudah lembek. Pastikan juga udang tidak berbau amis. Begitu pun dengan saat memilih udang tanpa kepala dan sudah dikupas. Cek kondisi daging dan bau dari udang.

 

  1. Penyimpanan dengan Suhu yang Tepat

Seringkali saat membeli udang di pasar, pembeli bisa kesulitan saat memilih dan memastikan apakah udang segar atau tidak. Cara lainnya bisa dengan membeli udang beku. Udang beku sebaiknya dicairkan secara perlahan dengan mendiamkan dalam lemari pendingin bersuhu 5-10 derajat celcius. Cara ini akan membuat tekstur daging udang tidak menjadi rusak. Selain itu, nilai dan kandungan gizi pada udang tetap terjaga baik.

 

Untuk memastikan bahwa udang beku yang dipilih berkualitas baik, Frosh memiliki produk udang segar dalam kemasan dengan kualitas premium. Disimpan dalam suhu -18 C untuk selalu menjamin kesegarannya. Anda bisa memilih Frosh Seafood Raw Shrimp (Udang Segar), yaitu udang yang sudah dibersihkan dari kepala, kulit dan kaki. Sangat cocok untuk aneka masakan seperti nasi goreng, cap cay, olahan udang krispiy dan ragam masakan lainnya.

Kini, memilih udang segar menjadi lebih mudah bukan?


Bagikan Artikel Ini :