<!-- GA -->

Tips Membuat Sushi yang Enak dan Sehat

Tips Membuat Sushi yang Enak dan Sehat

Kamu termasuk yang menyukai sushi? Meskipun berasal dari ikan mentah, sushi mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh lho. Jadi, menyehatkan untuk dikonsumsi. Tapi tahukah kamu, salah mengolah sushi bisa mempengaruhi tubuh. Jadi, bagaimana cara membuat sushi yang enak sehat?

Pilih Ikan yang Rendah merkuri

Pertama, pilih ikan yang cenderung rendah merkuri. Ikan yang paling baik adalah salmon. Beli ikan salmon yang kondisinya masih segar ya. Ikan salmon segar ditandai dari warnanya yang cerah, mengkilap, dan kenyal saat dipegang. Kalau sudah tidak kenyal atau berair tandanya ikan salmon sudah lama dibekukan.

Jika ingin langsung mengolah ikan salmon, sebaiknya cuci ikan dalam keadaan utuh. Apabila kamu mencuci daging ikan dengan air, akan mempengaruhi zat yang ada di dalam daging sehingga akan mengubah warnanya.

Kalau kamu tidak terlalu suka memakan ikan dalam keadaan mentah, sebaiknya goreng menggunakan minyak zaitun secukupnya.

Tambahkan Sayur dan Buah

Agar sushi kaya gizi, tambahkan sayur atau buah-buahan, contohnya selada, mentimun, alpukat, asparagus, dan wortel. Tambahkan tofu atau jamur juga untuk memberi sensasi kenyal saat mengunyah.

Jangan lupa untuk mencucinya dengan air mengalir dan tempatkan pada wadah bersih. Setelah itu, potong sayuran sesuai dengan ukuran sushi yang ingin Anda buat. Biasanya potong kecil memanjang seperti lidi.

Waktunya Membuat, Gunakan Sarung Tangan Plastik Bila Perlu

Setelah bahan sushi siap, susun nasi terlebih dahulu di atas makisu, yaitu tatakan untuk menggulung sushi, berbahan bambu atau plastik. Gunakan sendok untuk meratakan nasi ya.

Kamu bisa memakai sarung tangan plastik lebih dulu agar makanan lebih bersih dan tangan tidak kotor

Perhatikan Takaran Soyu

Soyu atau kecap asin menjadi pelengkap untuk sushi. Soyu yang rasanya asin ini mengandung banyak garam lho. Ingat, makan makanan yang mengandung tinggi garam bisa menaikkan tekanan darah. Jadi, cocol soyu secukupnya saja ya.

Ada berbagai varian dalam membuat sushi yang bisa kamu coba nih!

  • Nigiri, adalah jenis sushi yang disajikan dengan meletakkan potongan ikan mentah di atas bola nasi.
  • Maki Sushi, dinamakan juga sushi roll. Nasi dan rumput laut digulung dan membungkus isian daging, ikan, atau sayur.
  • Sushi ini merupakan kombinasi dari nigiri dan maki. Bola nasi diselimuti dengan onigiri, lalu bagian atasnya diisi dengan potongan ikan dan sayur atau telur ikan.

Mana yang lebih kamu suka?


Bagikan Artikel Ini :