<!-- GA -->

Tips Menjaga Kesehatan Saat Banjir

Tips Menjaga Kesehatan Saat Banjir

Banjir di kawasan Jakarta dan sekitarnya di awal tahun 2020 hingga saat ini sudah mulai surut. Meskipun begitu, pastikan tetap menjaga kesehatan tubuh agar proses pemulihan bisa dilakukan. Ini dia beberapa tips menjaga kesehatan saat banjir:

  1. Bersihkan peralatan makan dengan air panas

Saat banjir, kuman bisa menyebar melalui air yang tercemar dan mengontaminasi peralatan masak maupun peralatan makan. Sebelum dipakai, jangan lupa untuk membilasnya dengan air panas atau merendamnya dengan air yang baru saja mendidih.

  1. Pastikan air minum direbus

Mengandalkan air galon atau air kemasan untuk minum adalah pilihan yang praktis. Tapi perlu diperhatikan, darimanakah sumbernya. Sebagai langkah preventif, yuk merebus air sebelum diminum. Pastikan sampai mendidih ya.

  1. Buah dan sayur dikupas dan dicuci air hangat

Makan sayur dan buah-buahan bisa jadi langkah praktis saat bahan makanan lain sulit didapat. Tapi saat banjir melanda, sebaiknya rendam sayuran di dalam air hangat agar kumannya mati. Sedangkan untuk buah, pastikan setelah dicuci dikupas terlebih dahulu.

Jangan lupa cukupi konsumsi vitamin C untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Apalagi di musim hujan, rawan terserang flu. Selain itu cukupi protein pada ikan untuk mengganti jaringan tubuh yang rusak serta membantu kekebalan tubuh.


Bagikan Artikel Ini :