<!-- GA -->

Cara Mencairkan Ikan Beku

Pernahkah Seafood Lovers makan ikan yang masih beku? Hmm.. pasti tidak nyaman dan mengurangi selera makan kan?

Sebaiknya sebelum dimasak, pastikan ikan “thawing” terlebih dulu. Apa itu thawing?

Mungkin kebanyakan dari kita tidak terlalu familiar. Padahal tanpa disadari, kita pasti pernah melalukan thawing. Jadi, thawing merupakan proses mencairkan bahan makanan yang beku seperti daging dan ikan. Selain memudahkan kita dalam memasak, proses thawing juga penting untuk menjaga kualitas dan cita rasa bahan makanan.

Namun, tidak semua bahan makanan yang beku dapat dicairkan melalui proses yang sama. Jika salah proses, akan muncul mikroorganisme yang dapat membuat bahan makanan kita membusuk. Untuk menghindarinya, ini cara-cara mencairkan ikan beku:

  1. Dari freezer ke chiller

Cukup pindahkan bahan makanan dari freezer ke kulkas pendingin atau chiller. Meskipun membutuhkan waktu yang lama, thawing jenis ini merupakan metode mencairkan makanan beku yang paling aman karena meletakkan makanan di kulkas dapat mencegah makanan terkontaminasi. Hampir semua jenis makanan dapat menggunakan jenis thawing ini. Hanya saja, semakin keras tekstur makanan, proses pencairannya pun akan semakin lama. Setengah kilo ikan membutuhkan waktu seharian untuk mencair. Disarankan menyimpan ikan maupun produk di chiller  tidak lebih dari 2 hari karena bisa mengakibatkan ikan membusuk.

  1. Air

Agar terhindar dari kontaminasi bakteri, pastikan kamu menutup rapat bahan makanan dengan plastik sebelum diletakkan di bawah air mengalir ya. Seafood Lovers disarankan untuk menggunakan air mengalir karena lebih higienis dibandingkan air yang tak mengalir atau menggenang pada wadah tertentu. Batas maksimal thawing menggunakan metode ini adalah 4 jam.

  1. Ruangan Terbuka

Cara ini sebaiknya hanya dilakukan pada saat pertama kali setelah membuka produk. Misalnya pada saat Seafood Lovers membeli Frosh Pangasius Fillet yang masih dalam keadaan beku. Biarkan produk di ruang terbuka di dapur selama maksimal 4 jam atau jika permukaan daging ikan tidak terselimuti es. Daging ikan yang masih padat menandakan ikan dalam kondisi baik.

Apabila produk sudah thawing sempurna dan ingin disimpan lagi di freezer, simpan di wadah yang tertutup rapat. Hindari penyimpanan di plastik karena akan membuatnya menempel di dinding freezer dan kemungkinan besar robek. Bisa dipastikan daging ikan terselimuti es lebih tebal dan akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencairkannya.


Bagikan Artikel Ini :