<!-- GA -->

Bisnis Makanan Ala Korea, Mengapa Tidak?

Siapa di sini yang selama di rumah aja jadi gemar menonton drama Korea? Drama Korea kini menjadi salah satu tontonan yang sangat diminati oleh banyak kalangan. Selain cerita dan pemainnya yang menjadi pusat perhatian, tidak jarang makanan-makanan yang ada di dalam drama Korea ini menjadi daya tarik tersendiri. Pasti Kamu pernah melihat adegan para pemerannya menyantap makanan dengan sangat nikmat. Bikin penasaran kan sama rasa makanan-makanan Korea itu?

Ketertarikan para pecinta drama Korea dengan makanan yang ada di dalam drama tersebut, akhirnya memunculkan sebuah peluang bisnis baru bagi para pegiat bisnis kuliner. Adanya ‘demam’ drama Korea menjadi ide segar untuk memulai bisnis di bidang kuliner yang menjanjikan. Makanan-makanan khas Korea pun sangat beragam, seperti Kimbab, Tteokbokki, Ramyeon, hingga Budae JJigae.

Memulai bisnis hidangan ala Korea ini bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Ini hal-hal yang bisa Prima Seafood Lovers pertimbangkan ketika akan memulai bisnis makanan ala Korea.

  1. Tentukan konsep penjualan.

Kamu harus mempertimbangkan penjualan akan dilakukan secara offline atau online, terlebih di masa pandemi. Jika dilakukan secara offline, penting untuk menentukan konsep tempat menjualnya. Misalnya berupa kedai, dapat menghias dan menggunakan peralatan dengan nuasana Korea. Begitupun secara online, mulailah dengan bisnis rumahan sehingga modal yang dikeluarkan lebih minim. Kamu dapat membuat desain kemasan dengan tema khas Korea.

  1. Sesuaikan menu dengan lidah orang Indonesia.

Kamu bisa memilih hidangan ala Korea yang populer dengan lidah orang Indonesia agar makanan yang dijual bisa dinikmati oleh banyak kalangan. Tteokbokki misalnya, makanan khas Korea ini memiliki rasa pedas, manis dan sedikit asam dengan menggunakan saus Gochujang. Kamu bisa menambahkan cabai rawit agar rasa pedas lebih sesuai dengan cita rasa Indonesia namun tetap tidak menghilangkan ciri khas rasa Tteokbokki itu sendiri.

  1. Menentukan bahan baku yang digunakan.

Tentukan bahan baku makanan yang akan digunakan serta harga jual makanan tersebut nantinya. Kamu bisa menggunakan ragam varian frozen food dari CP Prima Seafood sebagai salah satu bahan makanan untuk bisnis hidangan ala Korea. Frozen food merupakan salah satu bahan yang tahan lama, praktis, dan mudah diolah. Dalam pengolahannya pun tidak membutuhkan waktu yang lama dan bisa dikreasikan menjadi berbagai menu, seperti Budae JJigae, yang bisa menggunakan Shifudo Fish Cake, Shifudo Fish Roll, dan Shifudo Bakso Ikan sebagai bahan-bahannya.

  1. Menentukan strategi promosi.

Baik penjualan offline maupun online menentukan strategi promosi juga menjadi hal yang harus kamu perhatikan. Kamu bisa memanfaatkan strategi promosi Word of Mouth, dengan memberikan pelayanan terbaik agar pelanggan juga bisa menyebarkan informasi dan testimoni yang baik kepada calon pelanggan lain. Jangan lupa manfaatkan berbagai platform atau sosial media untuk memaksimalkan promosi dan penjualan Kamu.

Tidak hanya untuk penjualan online, walaupun dijual secara offline, menggunakan media sosial sebagai sarana promosi sebaiknya tetap dilakukan. Untuk penjualan offline, kamu juga bisa membagikan brosur dan sampel produk di area sekitar. Selain itu, berikan promo potongan harga untuk pembelian langsung ke tempat offline maupun online.

Tertarik untuk miliki bisnis kuliner dengan hidangan ala Korea? Yuk mulai persiapkan dari sekarang!


Bagikan Artikel Ini :