<!-- GA -->

3 Masakan Ikan Nila yang Kaya Rempah

Ikan yang hidup di air tawar yang segar ini memang sudah dikenal dan memiliki banyak penggemar di dunia kuliner. Tekstur daging ikan yang lembut dan penyajian yang mudah membuat orang menyukai ikan ini. Meski ikan nila tidak sepopuler salmon dan jenis ikan lainnya, namun soal kandungan nutrisi tidak kalah hebat.

Ikan nila memiliki kandungan sumber protein yang tinggi untuk mendukung pembentukan massa otot dan meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga kondisi fisik dan mental juga akan meningkat, sehingga mampu mendukung aktivitas yang padat. Setiap porsi 100 gram nila menyediakan hingga 20 gram protein. Ini sebanding dengan jumlah yang terkandung dalam ukuran porsi ayam yang sama. Sehingga konsumsi ikan nila dianjurkan untuk mereka yang menjalankan diet seimbang. Agar memakan ikan nila semakin menggugah selera, berikut ini 3 masakan ikan nila yang kaya rempah.

 

Bakar

Olahan paling gampang adalah dengan membuat ikan nila bakar. Rasa ikan yang manis berpadu dengan bumbu oles ikan bakar akan menggugah selera. Untuk membuatnya, cukup siapkan bumbu halus. Siapakan kunyit, bawang putih dan garam. Lalu untuk bumbu pelengkap, sajikan sambal kecap. Untuk menambah rasa segar menghilangkan bau amis, tambahkan perasan jeruk nipis pada ikan sebelum dibaluri bumbu halus. Dan diamkan beberapa saat agar bumbu meresap.

 

Sop

Mau yang segar dan berkuah? Buat saja sop ikan nila. Ikan nila juga bisa dibuah kuah kuning, dengan menggunakan bumbu utama kunyit. Untuk ikan nila sop kuning akan lebih enak kalau dalam bentuk fillet. Sehingga ketika menikmati sop kuning ikan nila, tidak perlu takut duri akan tertelan. Tip, potong ikan nila fillet bentuk kotak-kotak ukuran sedang.

 

Sop kuning ikan nila cocok dihidangkan saat cuaca dingin. Sajikan dengan nasi dan tambahkan potongan tomat, kemangi dan rawit pada sop kuning ikan nila. Aroma rempah berpadu dengan ikan nila yang segar akan membuat lahap ketika menyantapnya.

 

Pecak

Sudah pernah mencicipi makanan khas Betawi, pecak ikan? Biasanya pecak memakai bahan utama ikan mas, ikan gurame atau ikan mujair. Untuk variasi, buat pecak ikan nila. Pilih saja Tillapia WGGS dari Golden Seafood. Selain daging ikan yang tebal, ikan nila juga lebih bergizi dan dapat mencukupi kebutuhan protein yang dibutuhkan tubuh.

 

Cara membuat pecak ikan nila tidak beda dengan membuat pecak pada ikan lainnya. Cukup buat bumbu halus, yang terdiri dari bawang merah, bawang putih cabai merah, cabai keriting, jahe, gula merah dan garam. Cara membuatnya pun mudah. Bersihkan ikan, lumuri dengan air jeruk nipis dan garam. Bisa dibakar atau digoreng. Sisihkan ikan yang sudah matang. Lalu, sangrai bumbu ulek tanpa minyak hingga matang, ulek dengan garam dan gula merah. Tambahkan air secukupnya. Atau juga bisa dengan cara merebus bumbu ulek dengan sedikit air di penggorengan hingga bumbu ulek matang. Baru ulek kasar bersama air tersebut. Terakhir tambahkan perasan air jeruk limau dan penyet jeruk limau agar aromanya segar. Tuang bumbu pecak di atas ikan yang sudah matang.

 

Selamat menikmati!


Bagikan Artikel Ini :