<!-- GA -->

Tips Mengatur Keuangan Anti Rugi

Tips Mengatur Keuangan Anti Rugi

Ketika memiliki usaha, mengatur dan mengelola keuangan usaha tersebut merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Sebab #PrimaSeafoodLovers harus bisa memastikan perputaran keuangan usaha tersebut agar efektif dan bisa terus berkembang. Kali ini CP Prima Seafood akan membantu #PrimaSeafoodLovers dengan memberikan tips mengatur keuangan usaha yang efektif, tentunya anti rugi.

  1. Pisahkan keuangan usaha dan pribadi

Pertama adalah memisahkan antara keuangan usaha dan pribadi. Caranya dengan membuat rekening terpisah untuk keuangan usaha dan keuangan pribadi. Hal ini bertujuan agar #PrimaSeafoodLovers bisa melihat kinerja atau pertumbuhan usaha yang dimiliki.  Sebab bila keuangan tercampur kemungkinan keuangan usaha digunakan secara pribadi menjadi lebih besar. Padahal keduanya memiliki pos penggunaan yang berbeda.

  1. Buatlah budget secara rutin

Membuat budgeting secara rutin merupakan hal selanjutnya yang bisa #PrimaSeafoodLovers lakukan. #PrimaSeafoodLovers bisa membuat estimasi atau batasan pengeluaran sesuai angka yang telah ditetapkan setiap bulannya.

  1. Meninjau biaya pemasukan dan pengeluaran

Setiap keuangan yang masuk dan keluar sekecil apapun nilainya harus #PrimaSeafoodLovers perhatikan. Sehingga kelak #PrimaSeafoodLovers tidak akan kebingungan ke mana saja uang keluar.

  1. Membuat pembukuan atau catatan keuangan

Setelah meninjau pemasukan dan pengeluaran #PrimaSeafoodLovers bisa membuat pembukuan atau catatan keuangan agar seluruh transaksi usaha yang dimiliki tercatat dengan rapi dan baik. #PrimaSeafoodLovers juga bisa mengontrol dan mengetahui besaran pendapatan serta pengeluaran setiap harinya. Pembukuan bisa dibuat secara manual maupun menggunakan bantuan software atau aplikasi akuntansi.

  1. Sisihkan uang atau kas untuk dana darurat

Apa sih pentingnya? Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi bila sewaktu-waktu atau di masa mendatang terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau mendesak.

  1. Gunakan laba atau sisa uang untuk kembangkan usaha

Terakhir, hal yang dapat #PrimaSeafoodLovers lakukan adalah dengan menggunakan laba atau sisa uang untuk mengembangkan usaha. #PrimaSeafoodLovers bisa menggunakan keuntungan yang didapatkan dengan melakukan investasi ke bidang-bidang lainnya yang menguntungkan atau mengembangkan usaha dengan menambah produk-produk yang dijual, meningkatkan tempat usaha, dan berbagai hal lainnya.

Untuk #PrimaSeafoodLovers yang ingin mengembangkan usaha dengan menambah produk-produk yang dijual juga bisa lho menggunakan produk-produk dari CP Prima Seafood. Dengan begitu usaha bisa semakin berkembang dan keuntungan semakin berlimpah.

Nah setelah mengetahui tips untuk mengatur keuangan, pastinya #PrimaSeafoodLovers jadi lebih terarah untuk mengatur usaha yang #PrimaSeafoodLovers miliki. Selain itu, juga bisa lebih meminimalisir kerugian dari usaha tersebut. Jadi sudah siap untuk mengatur keuangan usaha #PrimaSeafoodLovers? Selamat mengatur keuangan!

 

Sumber:

https://seller.tokopedia.com/edu/cara-mengelola-keuangan-usaha/

https://www.jurnal.id/id/blog/2018-ketahui-7-cara-mengelola-keuangan-pada-usaha-dagang/

https://www.jurnal.id/id/blog/2018-5-cara-mengatur-keuangan-untuk-usaha-kecil/

http://glcworld.co.id/mengatur-keuangan-usaha-dagang/

https://www.bisnisjasa.id/2019/05/cara-mengelola-keuangan-usaha-kecil.html


Bagikan Artikel Ini :