<!-- GA -->

Tips Mulai Bisnis Frozen Food bagi Pemula

Tips Mulai Bisnis Frozen Food bagi Pemula

Saat ini bisnis frozen food tengah populer karena mudah dijalankan dan mampu menghasilkan keuntungan yang besar. Apalagi saat masa pandemi covid-19 seperti sekarang, makanan cepat saji yang bisa bertahan di dalam mesin pendingin untuk beberapa hari menjadi pilihan masyarakat. Sebelum memulainya yuk simak tips mulai bisnis frozen food bagi pemula yang disarankan oleh pemilik RA Freshmart, Rio, pada Live Instagram “Tips Cuan Bisnis Frozen Food” bersama Ayo Makan Seafood pada Kamis (23/9).

Live Instagram

  1. Persiapkan modal usaha

Modal usaha adalah hal pertama yang harus Prima Seafood Lovers persiapkan saat ingin menjalankan bisnis apapun, termasuk frozen food ini. Sesuaikan modal usaha dengan budget yang kamu miliki. RA Freshmart memulainya dengan mengumpulkan modal yang dimiliki oleh keluarga, hal ini juga minim resiko karena sudah saling percaya. Ada baiknya menabung sedikit demi sedikit untuk mengumpulkan modal usaha yang dibutuhkan.

  1. Riset target pasar

Memulai bisnis di tahun 2013 membuat RA Freshmart menjadi pionir frozen food khususnya wilayah Cibitung, Bekasi. Mulanya menentukan target yang paling dekat yaitu end consumer, membeli frozen food untuk dikonsumsi sendiri. Seiring berjalannya waktu, pengunjung makin beragam mulai dari reseller hingga customer pembelian partai. “Kalau di sini sampai ngirim ke luar Jawa juga minimal sepuluh juta (rupiah),” ujar Rio.

  1. Pilih produk frozen food yang ingin dijual

Selanjutnya memilih produk yang akan dijual. “Produknya halal, merk juga terdaftar di HAKI (Hak Kekayaan Intelektual), ada nomor BPOM, tanggal kadaluarsa jelas, saran penyajian juga lengkap, yang paling penting brandnya harus dikenal,” jelas Rio.

Penjual juga wajib mengetahui frozen food yang sedang diminati dan menyesuaikannya dengan kebutuhan pasar. “Saat ini bakso-baksoan, chikuwa, itulah yang lagi dicari,” tambahnya.

  1. Sedia kapasitas freezer sesuai kemampuan

Saat RA Freshmart memulai bisnis, RA Freshmart mengawalinya dengan jumlah freezer yang sedikit dulu Prima Seafood Lovers. “Mulai dari empat freezer kecil, dua punya sendiri, dua dipinjami sama brand,” ujar Rio. Ia juga menambahkan, keberadaan freezer sangat signifikan sebagai penyimpan produk jadi disesuaikan dengan modal yang dimiliki.

  1. Pertimbangan matang menyediakan karyawan

RA Freshmart memulai usahanya bersama keluarga. Meskipun begitu, pembagian tugas dilakukan secara profesional, dimulai dari pergantian shift toko. Oleh karena itu tentukan dulu jam operasional, jika dirasa membutuhkan tenaga tambahan rekrut pegawai.

  1. Pelajari cara mempromosikan produk

Kesuksesan sebuah usaha adalah promosi. Tanpa promosi, calon konsumen tidak akan mengenal produk yang kamu jual, Prima Seafood Lovers. Apalagi dengan adanya media sosial semakin memudahkan kegiatan promosi. “Kita main di Instagram, TikTok. Kalau jualannya di Shopee dan Tokopedia. Malah sekarang rame ordernya di Shopee Food,” ujar Rio.

Platform yang beragam ini disesuaikan dengan target pasar RA Freshmart apalagi kegiatan juga lebih banyak di rumah yang mana membuat waktu screen time lebih banyak. Selain itu, menambakan promosi strategi gratis ongkir, “Kita kasih setiap pembelian seratus ribu untuk jarak pembelian dua kilometer.”

  1. Semangat yang Tinggi

Tentunya dalam memulai bisnis, selain tekad yang kuat penting memiliki semangat yang tinggi. Khususnya ketika ada kesulitan. “Bikin target dulu nanti pasti jadi semangat lagi. Inget-inget target aja,” saran Rio.

Itu dia tips mulai bisnis frozen food dari RA Freshmart yang memilih untuk menjual produk CP Prima Seafood yaitu Fiesta Seafood, Frosh dan Shifudo. Tetap semangat berbisnis sendiri, Prima Seafood Lovers!


Bagikan Artikel Ini :