<!-- GA -->

5 Tips Membangun Jaringan Bisnis

5 Tips Membangun Jaringan Bisnis

Membangun suatu bisnis dari nol tidaklah mudah. Ada beberapa cara yang dilakukan pebisnis agar usahanya bisa berkembang dengan baik. Salah satu caranya yaitu dengan membangun jaringan atau networking bisnis. Bagaimana caranya? Nah untuk Prima Seafood Lovers yang ingin bisnisnya berkembang lebih maju lagi, yuk simak tips membangun jaringan bisnis.

  1. Sikap Percaya Diri

Prima Seafood Lovers bisa memantapkan niat untuk berjejaring dengan sikap percaya diri. Terlebih lagi, suatu hal sederhana yang paling sering dijumpai yaitu perasaan malu bertemu dengan seseorang yang berpotensi membantu bisnis. Bisa diawali dengan bekerjasama dengan rekan sesama.

  1. Bergabung dalam Grup Pengusaha

Dengan bergabung dalam suatu perkumpulan yang berkaitan dengan bisnis, Prima Seafood Lovers dapat membangun relasi dengan rekan bisnis yang ada di dalam grup atau komunitas tersebut. Misalkan, kamu punya usaha di bidang frozen food bisa bekerjasama dengan pemilik usaha kuliner lainnya untuk menjadi penyedia bahan utama makanan.

  1. Rutin Mengikuti Seminar

Ketika mengikuti seminar, kamu mendapatkan banyak ilmu dari para ahli dalam berbisnis. Selain itu kamu juga bisa bertukar ide atau pikiran, dan bertukar kartu nama dengan pengusaha lain yang ikut serta dalam seminar. Dari hal tersebut kamu bisa menjalin kerjasama agar usahamu dapat berkembang dan juga dikenal banyak orang.

Meski terlihat sederhana, ternyata kartu nama memiliki peran penting ketika ingin melakukan networking bisnis. Hal ini karena kartu nama merupakan sumber informasi yang akan memudahkan orang lain untuk menghubungimu, Prima Seafood Lovers.

  1. Manfaatkan Media Sosial

Prima Seafood Lovers bisa memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan profil bisnismu maupun profil diri agar mudah mendapatkan kenalan pebisnis lainnya. Cobalah menjaring networking dengan orang-orang yang ada di luar lingkaran pertemanan, namun relevan dengan bisnismu.

Media sosial juga bisa kamu manfaatkan sebagai sarana personal branding dengan cara membagikan hal yang kamu minati. Perasaan khawatir untuk memulai, wajar muncul. Kamu bisa berkolaborasi dengan lingkaran pertemanan yang sesuai dengan bisnismu. Dengan begitu, akan terjalin jaringan bisnis dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama dengan apa yang kamu bagikan.

  1. Beri Dukungan Rekan Bisnis

Dalam bisnis, adakalanya kamu menemui beberapa masalah yang tidak bisa diselesaikan sendiri. Begitu pula dengan rekan bisnismu. Jika ingin membuat sebuah jaringan bisnis yang kuat, maka sediakan waktu untuk saling memberi dukungan. Hal ini merupakan tindak lanjut dalam berjejaring, misalnya dengan berjanji untuk menelepon kembali atau mengirimkan email sebuah artikel yang menarik.

Ikuti terus tips bisnis frozen food yang selalu dibagikan di Facebook Ayo Makan Seafood. Semangat untuk mencoba tipsnya ya.


Bagikan Artikel Ini :