<!-- GA -->

Tips dan Trik Jualan: Produk Sengaja Dibuat Tidak Laku, Kok Bisa?

Tips dan Trik Jualan: Produk Sengaja Dibuat Tidak Laku, Kok Bisa?

Sebagai pemilik bisnis penting untuk membuat strategi yang tepat sasaran untuk mempengaruhi keputusan konsumen membeli produk kita. Ada trik jualan unik yang bisa Prima Seafood Lovers coba, namanya Decoy Effect. Istilah ini juga biasa disebut Decoy Pricing, Attraction Effect atau Asymmetric Dominance effect.

Apa sih Decoy Effect itu?

Decoy Effect merupakan sebuah trik jualan yang memainkan psikologi harga dimana seorang konsumen cenderung mengganti pilihan di antara dua opsi saat diberikan opsi ketiga yang tidak seimbang. Pilihan-pilihan ini membuat satu harga menjadi tidak masuk akal, sementara satu terlihat sangat menguntungkan.

Kenyataannya, Decoy Effect ini merupakan permainan harga yang bertujuan mengarahkan pembeli kalian ke pilihan produk yang lebih mahal. Strategi ini dikenal ampuh dalam mendongkrak penjualan. Bagaimana caranya?

Cara yang paling sering adalah memberikan harga pembanding. Kita ambil contoh pedagang Seblak. Ya, makanan yang berasal dari Jawa Barat ini seringkali memberikan pilihan variasi dalam menunya

  • Seblak Seafood Original Rp 10.000 (satu varian topping: Bakso Ikan)
  • Seblak Seafood Spesial Rp 15.000 (dua varian topping: Bakso Ikan dan Chikuwa Mini)
  • Seblak Seafood Komplit Rp 20.000 (tiga varian topping: Bakso Ikan, Chikuwa Mini, dan Squid Flower tambah ceker)

Dari pembuatan menu tersebut, konsumen secara tidak langsung dipersuasi untuk mengambil pilihan yang paling menguntungkan untuk dirinya, yaitu menu Seblak Seafood Komplit. Sementara Seblak Seafood Original dan Seblak Seafood Komplit tidak dipilih.

Apakah Prima Seafood Lovers pernah merasakan sendiri Decoy Effect ini? Atau berencana menjadikan Decoy Effect ini sebagai strategi jualan?

 

Sumber:

https://www.qubisa.com/article/mengenal-strategi-decoy-effect-dalam-marketing#showContent

https://blog.amartha.com/decoy-effect/

https://www.youtube.com/watch?v=5kr6IlqnnAA

 

Sumber gambar:

https://starling.social/blog/post/100/ultimate-guide-pricing-plans-examples


Bagikan Artikel Ini :