<!-- GA -->

Ikan Yang Baik untuk Ibu Hamil

Bagi ibu hamil, masa kehamilan memberikan berjuta-juta pengalaman tersendiri. Sensasi menjadi ibu hamil dan mengalami sejumlah perubahan pada tubuh seringkali tidak semua ibu bisa semua bisa menikmatinya. Di antara kegembiraan akan kehadiran si kecil, ternyata ada juga ketakutan-ketakuan yang dialami oleh ibu hamil khususnya saat mengonsumsi makanan.

Sering mendengar mitos kalau ibu hamil tidak boleh mengonsumsi ikan atau seafood? Hal tersebut tidak benar lho, ibu hamil justru dianjurkan untuk makan ikan dan seafood. Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam memilih ikan adalah memiliki kandungan rendah merkuri. Penelitian menunjukkan, merkuri punya efek buruk pada otak. Hal ini tentu akan berbahaya bagi tumbuh kembang anak, bukan?

Dilansir dari elitereaders.com, The US Food and Drug Administration and the Environmental Protection Agency (FDA) atau badan pengawas makanan dan obat-obatan Amerika Serikat menyarankan, wanita usia subur mulai dari 16 - 49 tahun sebaiknya membatasi mengonsumsi ikan bermerkuri. Untuk ibu hamil dan menyusui bisa makan tiga porsi ikan dengan tingkat merkuri rendah dalam seminggu atau 12 ons perminggu. Supaya tidak salah konsumsi jenis ikan, sebaiknya catat daftar ikan yang baik untuk ibu hamil dengan kadar merkuri rendah sebagai berikut:

Cumi-cumi, kepiting, kerang, ikan lele, teri, sarden, salmon, nila, sarden.

Khususnya pada ikan sarden, omega 3 yang dikandung sangat besar. Ketahui manfaat selengapnya di sini.


Bagikan Artikel Ini :