<!-- GA -->

Tips Membersihkan Ikan Agar Tidak Pahit

Tips Membersihkan Ikan Agar Tidak Pahit

Siapa yang doyan makan ikan? Tentunya ikan memiliki manfaat yang tidak bisa diremehkan. Kandungan protein dan omega 3 nya sangat baik untuk tubuh. Agar nutrisi tetap terjaga, sangat disarankan mengolah satu bahan masakan yang amis ini dengan tepat. Jika salah membersihkan, rasa daging ikan bagian dalam akan terasa pahit meskipun sudah digoreng. Ada tips membersihkan ikan agar tidak pahit, sebagai berikut:

  1. Cuci bersih ikan dengan air dingin yang mengalir.
  2. Bersihkan sisik ikan menggunakan pisau
  3. Setelah sisik bersih, potong ekor ikan.
  4. Selanjutnya, belah perut ikan dan keluarkan isi dalam perut. Hati-hati saat mengeluarkan isi perut karena bisa membuat empedu ikan pecah. Empedu ikan mengandung cairan empedu yang bersifat basa dan pahit.
  5. Bersihkan pula bagian insangnya hingga bersih.
  6. Cuci kembali ikan dengan air yang mengalir. 
  7. Terakhir, agar ikan tak amis, ratakan air jeruk nipis atau cuka ke daging ikan. Air jeruk nipis maupun cuka yang bersifat asam berfungsi untuk menetralkan bau maupun rasa ikan. Diamkan sebentar, lalu cuci lagi sebelum akhirnya di simpan di lemari pendingin atau dimasak.

Mudah bukan, mengikuti tips membersihkan ikan agar tidak pahit? Ketahui juga Ketahui juga makanan beku yang bergizi* sebagai alternatif sumber energimu. Ketika kita membersihkan ikan dengan baik, dipastikan kita akan lebih nyaman memasak dan memakan ikan. Pun bagian ikan yang bernutrisi baik dapat bermanfaat bagi tubuh.


Bagikan Artikel Ini :