<!-- GA -->

Strategi Bisnis Frozen Food di Masa Pandemi

Strategi Bisnis Frozen Food di Masa Pandemi

Pandemi covid-19 mengubah kebiasaan belanja kita, salah satunya karena pemberlakuan pembatasan jumlah pengunjung di toko. Orang-orang memilih belanja online dan membeli produk makanan yang bisa dikonsumsi untuk beberapa hari seperti frozen food. Maka tidak mengherankan bisnis frozen food makin popular setahun belakangan. Kondisi ini penting disadari pebisnis dalam menentukan metode pemasaran yang tepat untuk mendongkrak penjualan. Nah, bagaimana strategi bisnis frozen food bagi di masa pandemi? Simak tips dari RA Freshmart, pada Live Instagram “Tips Cuan Bisnis Frozen Food” bersama Ayo Makan Seafood pada Kamis (23/9).

1.Menambah channel online

Prima Seafood Lovers bisa memanfaatkan channel online untuk mempromosikan bisnis frozen food yang kamu rintis. Manfaatkan media sosial (Instagram, Facebook, Tiktok), marketplace (Tokopedia dan Shopee), dan berikan respon cepat untuk pembeli di WhatsApp Business.

Banyak keuntungan yang didapat ketika melakukan transaksi di toko online. Keuntungan bagi pembeli adalah soal keamanan dan kenyamanan. Para pembeli merasa aman karena risiko penipuan bisa diminimalisir jika memesan produk yang akan sampai beberapa hari kemudian. Sedangkan keuntungan bagi penjual adalah banyaknya fitur diskon dan potongan harga dari toko online yang bisa dimanfaatkan sebagai sarana promosi. Kemudahan pembayaran melalui dompet digital juga akan membuat banyak konsumen lebih nyaman dalam membeli produk makanan beku yang kamu tawarkan.

“Kita kasih promo gratis ongkir, diskon buy 2 get 1, sama diskon toko juga,” jelas Rio, owner RA Freshmart.

Menurutnya PPKM berdampak di jumlah pengunjung toko. “Toko kita buka dari jam 7 pagi sampai jam 9 malam. Kalau PPKM sampai jam 5 doang. Kita akalin dengan terima pesanan online maksimal order jam 3, kita kirim besok paginya,” tambahnya.

2.Miliki nilai tambah atau keunikan tersendiri

Sebagai penggiat bisnis, kamu harus jeli terhadap tren dan apa yang diinginkan konsumen saat ini. Hal ini bisa jadi peluang besar ketika kamu mampu melirik apa yang sedang digemari banyak orang dan produk apa yang menjawab kebutuhan tersebut.

“Kita kuatnya di harga, kita kasih harga yang paling murah dibandingkan toko-toko lain. Itu bisa bikin mereka balik ke lagi. Terus kita ada member, tiap pembelian Rp 500.000 udah bisa dapat diskon di pembelian berikutnya,” ujar Rio. Mengenai diskon pembelian berjejenjang juga efektif menarik pembeli kembali ke tokonya dan melakukan transaksi dalam jumlah besar.

Pemberian diskon ini menentukan seberapa besar potensi keuntungan yang kamu dapatkan, Prima Seafood Lovers. Ingat, pikirkan dengan matang dan melalui riset misalnya membandingkan dengan toko kompetitor.

Hadiah sebagai “iming-iming” juga bisa kamu aplikasikan. RA Freshmart terbuka apabila brand yang dijual di tokonya memberikan bonus tertentu, misalnya hadiah pisau, lunch box hingga tas belanja. “Apalagi di daerah sini juga semua udah ngurangin sampah plastic jadi pembeli suka kalau ada hadiah tas belanja,” jelas Rio.

Menjaga kebersihan freezer dan toko juga tidak bisa diabaikan. Ini bertujuan menjaga kepercayaan pembeli. Rio menyampaikan pentingnya memastikan bunga es tidak menumpuk agar produk tetap beku serta membersihkan debu pada freezer khususnya  freezer dengan kaca geser.

Baca juga: Tips Mulai Bisnis Frozen Food bagi Pemula

3.Tambah networking dan teman

Meskipun kamu baru merintis bisnis frozen food dalam skala rumahan, kamu bisa mengajak rekan dan kerabat untuk menjadi reseller. Pastikan produk yang kamu jual memberikan kualitas terpercaya. Seperti halnya produk CP Prima Seafood, sebagai penjual kamu diuntungkan karena tidak perlu lagi membangun brand dari awal dan product development dari nol. Rio mengaku sangat terbantu karena adanya support SPG dari Shifudo yang melakukan kegiatan sampling atau icip-icip produk seminggu sekali. “Jadi pembeli tahu rasa produknya,” jelas Rio.

Perluas juga networking dengan influencer dengan cara review produk. “Ke depan kita juga mau seriusin akun Youtube juga tapi masih riset kontennya,” ujar Rio.

Terakhir, gandeng juga komunitas pedagang misalnya pedagang sate bakar. Jadikan mereka customer tokomu sebagai bahan baku sate mereka.

Semoga strategi bisnis frozen food ini bermanfaat ya, Prima Seafood Lovers!


Bagikan Artikel Ini :